Entrepreneur Sukses Wajib Lakukan 5 Hal Ini

Entrepreneur Sukses Wajib Lakukan 5 Hal Ini

 

Jika kamu berpikir untuk menjadi entrepreneur, kamu pasti berpikir apa yang dibutuhkan. Tidak ada yang instan.

“Gagal berulang kali namun saya akhirnya dapat menjalankan bisnis yang sukses”, kata seorang entrepreneur sukses. Apakah saja itu?

 

 1. Kerja dengan otak, bukan otot.
Banya orang berpikri kalau seorang entrepreneur bekerja 18 jam sehari, tidak melakukan apa-apa, hanya makan dan tidur. Kita cenderung menggambarkan seseorang bekerja sangat keras untuk mencapai kesuksesan. Benar kalau kerja keras adalah kunci untuk menjadi entrepreneur.

Realitinya tidak begitu. Bekerja terus menerus tidak akan secara otomatis membuatmu menjadi entrepreneur sukses. Artinya, entrepreneur bertanggung jawab atas apa yang ia lakukan. Seperti pepatah lama, “Jika kamu ingin sesuatu dikerjakan dengan sempurna, kerjakanlah sendiri.” Pepatah itu memang benar, tapi kebanyakan orang tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Overworking leads to fatigue, which leads to errors. Additionally, how many people truly have the skills to do everything? Most of us can do a couple of things really well. There are other things we are average at, and plenty of things that, let’s face it, we are just not good at. You have to learn how to work smarter, not harder, and it’s a mindset that will take some time to get used to.

Bekerja secara terus menerus jelas akan membuat kamu kelelahan, lalu mengakibatkan kesalahan pada pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Berapa banyak orang memiliki kemampuan untuk melakukan segalanya? Kebanyakan dari kita bisa melakukan beberapa hal secara baik. Namun, akui saja jika kamu tidak pandai dalam bidang tertentu. Intinya work smarter, not harder.

2. Cari orang yang bisa mengerjakan apa yang tidak bisa kamu kerjakan.

Sangat mudah untuk mencari orang yang bisa melakukan apa yang kamu tidak bisa. Hal itu akan membuatmu semakin fokus pada bisnis yang kamu jalankan, dimana saat orang tersebut membantumu mengatasi apa yang tidak bisa kamu lakukan.

Entrepreneur yang hebat paham betul dengan yang namanya perwakilan. Terkadang memang akan terlihat berlebihan sebelum kamu mengerti betapa pentingnya itu. Tanggapan untuk menambah anggota tim dan karyawan mungkin bisa menjadi hal yang menakutkan. Berterima-kasihlah kepada perkembangan teknologi saat ini, karena kamu bisa mendapatkan freelancer sesuati kebutuhanmu.

Website seperti Freelancer.com dan Projects.co.id memberikan akses untuk mencari pekerja yang profesional dalam hal desain grafis, pembuatan website, analisa keuangan, penulis, multimedia dan banyak lagi.

3. Lebih cepat namun tetap hemat.

Menggunakan jasa freelancer tidaklah solusi yang tepat untuk perusahaan berkembang, tapi jika perusahaan kamu masih baru, menggunakan jasa freelancer atau sejenisnya sangatlah efektif dan tidak akan membuatmu kehabisan banyak rupiah. Malahan sangat terjangkau! Sekali lagi terimakasih pada teknologi.

Kamu Mungkin Tertarik: 7 Tips Untuk Menjadi Entrepreneur Muda Yang Sukses

 

4. Jangan takut gagal (karena kamu tetap akan gagal).

 

Bekerja dengan pikiran, mencari orang yang tepat dan pekerjaan lebih cepat selesai merupakan kunci untuk menjadi entrepreneur sukses. Namun sayangnya kunci tersebut tidak bisa menjamin. Kamu harus realistis bahwa tidak semua bisnis dapat sukses.

Terkadang ide atau konsep yang kamu dapatkan tidak tepat untuk pasar. Terlebih apabila situasi tidak memungkinkan. Kamu harus siap untuk gagal, lebih pentingnya, jangan takut untuk gagal!

5. Bangun dengan sebuah alasan.

Faktanya, kontribusi terbesar untuk mejadi entrepreneur yang sukses adalah mereka melakukan apa yang tertulis pada poin ke-5. Mereka bangun setiap hari, bekerja keras sampai mereka bisa sukses.

Steve Jobs pernah berkata “Life can be much broader, once you discover one simple fact, and that is that everything around you that you call life was made up by people that were no smarter than you. And you can change it, you can influence it, you can build your own things that other people can use. Once you learn that, you’ll never be the same again.” Artinya? Translate sendiri ya.

Tidak ada garansi sukses jika kamu mengikuti tips diatas. Jika kamu gagal kali ini, kamu mungkin akan lebih beruntung untuk selanjutnya. Jangan lupa, setiap masalah ada solusinya. Konsentrasi pada apa yang kamu sukai. Jadikan sebagai kebiasaan dan fokus. Intinya, entrepreneur sukses tidak akan takut untuk gagal!

Sumber: Forbes

3

No Responses

Show all responses

Write a response