10 Tips Untuk Tetap Termotivasi Menjadi Entrepreneur

10 Tips Untuk Tetap Termotivasi Menjadi Entrepreneur

Seringkali  entrepreneur mengambil langkah besar saat menjadi karyawan pada suatu perusahaan hingga memimpin suatu perusahaan. Tantangan utama yang mereka hadapi ialah tidak memiliki grup atau mentor untuk membantu ia dalam menentukan tujuannya, deadline dan bonus.

Hal tersebut bisa menjadi suatu tantangan, terutama saat seseorang yang baru berpengalaman dan waktu terbuang sia-sia untuk bekerja demi orang lain. Kedisplinan yang kurang dan cara mengelola sumber daya dapat mempengaruhi perkembangan pada diri sendiri dan keluarga.

Jadi bagaimana caranya tetap termotivasi menjadi entrepreneur yang yang lebih baik dan pemimpin? Jawabannya mudah: Waktu, dedikasi dan latihan. Seperti apa yang kamu harapkan dari bisnis yang kamu jalankan.

10 cara ini mungkin dapat membantumu tetap termotivasi menjadi entrepreneur dalam menjalan bisnis dan memiliki tujuan yang pasti.

1. Buat sebuah pernyataan untuk dirimu sendiri

Setiap bisnis memiliki misi atau tujuan, sesuatu yang mendeskripsikan misi dari suatu perusahaan. Fungsi utamanya yaitu untuk mengarahkan suatu perusahaan dan memotivasi pemegang saham. Untuk alasan yang sama, setiap entrepreneur harus memiliki sebuah pernyataan untuk mencapai tujuannya.

Hal terpenting untuk digarisbawahi adalah menulis pernyataanmu, selalu pikirkan kapan dan dimanapun, ucapkan dengan keras dalam hati, dan ingat. Dan itu akan menjadi alasan mengapa kamu ingin menjadi entrepreneur.

2. Buat sebuah rencana.

Seperti halnya dalam bisnis, misi tidak akan berguna tanpa rencana untuk mengeksekusinya. Kamu juga harus membangun dan menulis rencana kehidupan dan dalam dunia profesional, termasuk untuk jangka pendek ataupun lama. Alasannya ialah untuk mengerti secara penuh apa yang ingin kamu raih dalam kehidupan dan bagaimana cara kamu mendapatkannya.

3. Mulai dengan rutinitas.

Permulaan untuk memulai rutinitas dalam kehidupanmu akan dimulai. Untuk alasan tersebut, kamu harus memulai rutinitas pagi setiap harinya, yang akan membuat pikiran dan tubuhmu tetap waspada, fokus dan siap untuk membentuk kebiasaan baru. Sebagai bagian dari rutinitas pagimu, kamu harus menyisihkan waktu untuk melihat kembali dan memperbaharui rencanamu.

4. Tentukan waktu untuk dirimu sendiri.

Karena entrepreneur sangat sibuk dalam dunia bisnis, sangat penting untuk membagi waktu antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Selama waktu tersebut, kamu dapat beristirahat atau refreshing, berpikir dan meditasi atau berolahraga. Jangan lupa untuk makan dan minum teratur, dua kebiasaan utama yang akan membuatmu tetap fokus.

5. Buat rencana kedepannya dan reminder

Bahkan dengan sebuah rencana, akan sangat sulit untuk tetap melakukan rutinitas. Untuk alasan tersebut, membangun kebiasaan untuk membuat reminder dalam kehidupan sehari-hari untuk tugas yang penting dan tujuan harian. Pergunakan alarm pada smartphone kamu dengan volume yang diinginkan, dan jangan lupa untuk mengingatkan kamu untuk tetap fokus pada tugas yang diberikan. Saat alarm berbunyi dan terdapat pesan “Matikan Facebook dan kembali bekerja”, maka hal itu harus segera dilaksanakan dan itu sangat membantu.

6. Tentukan hadiah.

Kita secara alami merasa terikat dan tertarik dengan hadiah, jadi persipakan dirimu untuk menerima hadiah atas tujuan yang berhasil diraih atau mengatur kebiasaan. Seperti dalam bisnis, kamu harus paham dan mendapatkan hadiah kecil seiring perkembangan bisnis dalam jangka panjang.

7. Sharing dengan teman.

Terkadang motivasi yang baik datang dari tekanan. Berbagi dengan teman dan kerabat dapat membuatmu termotivasi terhadap tujuanmu.

8. Terlibat dalam kegiatan yang menginspirasi

Terkadang kamu perlu melihat keluar untuk mendapatkan motivasi. Saat hal itu terjadi, kamu perlu menonton film yang menginspirasimu. Saat waktu makan siang, temukan video di Youtube yang menginspirasi. Atau dengan radio saat kamu sedang bersantai.

9. Tetap positif.

Tidak ada hal yang dapat membuatmu bahagia selamanya, secara teori maupun praktik. Untuk saya sendiri, saya memiliki mantra yang akan saya gunakan untuk menghibur diri. Mantra tersebut ialah mengatakan “Pilih bahagia.” Dengan mengucapkan kalimat tersebut sambil tersenyum, saya bisa merasakan perubahan positif pada tubuh ini.

10. Tidur.

Dan yang terakhir, jangan pernah meremehkan nilai dari tidur yang nyenyak di malam hari sebagai motivasi. Setelah beberapa tahun bereksperimen, ditemukan beberapa pengecualian, tugas yang tidak selesai dan tujuan yang belum tercapai karena kurang tidur. Yang lebih penting, dengan tidur yang nyeyak, tugas dan tujuanmu menjadi lebih mudah untuk dicapai.

Ada cara lain untuk tetap termotivasi menjadi entrepreneur?

Sumber: Entrepreneur

2

No Responses

Show all responses

Write a response